Seorang Anak Sekolah Dasar Menulis Surat Kepada Polisi

Ilham Tinggal Bersama Ibunya di Rumah Sederhana

Seorang anak SD yang bernama Ilham Ramadhan (8) menulis surat mengharukan jelang pembagian rapor di SDN Cikuya 1. Desa Bandasari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung. Surat yang ditujukan kepada polisi itu viral di media sosial.

Minggu (30.6/2024) surat tersebut intinya meminta polisi mendampinginya mengambil rapor. Isi surat Ilham sederhana namun sarat makna:

Dilansir dari detik.com, kisah di balik surat tersebut mengungkap bahwa Ilham telah ditinggalkan ayahnya saat ia berusia empat bulan. Setelah surat Ilham viral, Satlantas Polrestabes Bandung langsung mendampingi Ilham untuk mengambil rapor pada Kamis (27/6).

Dari penelusuran tim detikJabar, diketahui rumah Ilham tak jauh dari sekolah. Tepatnya di Desa Bandarari, Kecamatan Cangkuang. Untuk mencapai rumah Ilham harus melalui gang sempit dan halaman rumah kakaknya, serta melalui kamar mandi karena pintu depan rumah Ilham tidak bisa diakses karena adanya larangan dari tetangganya.

Ilham Tinggal Bersama Ibunya di Rumah Sederhana

Di rumah sederhana ini terdapat tiga ruangan kecil dengan pakaian yang digantung di depan rumah. Ibunda Ilham, Kokom Komala (47), mengungkapkan, putranya kerap menanyakan keberadaan ayahnya yang diketahui masih hidup saat Ilham berusia empat tahun.

Kokom bercerita, dulu dirinya sering bercerita kepada Ilham bahwa ayahnya meninggal karena kesal.

Sejak awal ia sering bertanya tentang ayahnya. Jadi Ilham ditinggal bapaknya saat usianya 4 bulan, kata ibu Ilham, Kokom Komala, saat ditemui di kediamannya, Sabtu (29/6).

Surat itu ditulis Ilham sebagai tugas sekolah mengenai harapan dan cita-citanya. Ia ingin didampingi polisi saat membagikan rapor karena merindukan kehadiran ayahnya.

Selain mendampingi Ilham mengambil rapor, Satlantas Polrestabes Bandung juga mendatangi rumah Ilham. Kedatangan anggota Polrestabes Bandung langsung mengagetkan dan membuat heboh para tetangga.

Kasatlantas Polrestabes Bandung Kompol Galih Apria menjelaskan, polisi punya program Goes To School dan mengetahui surat Ilham dari wali kelasnya. Mereka dengan gembira menemani Ilham saat membagikan rapor, dimana Ilham terlihat sangat bahagia.

Baca Juga : Viral Pernikahan Pengantin Ambil 100 Ribu Pakai Sutil