Kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja ke Jakarta

Kunjungan Pemimpin Tertinggi Gereja ke Jakarta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menerima kunjungan pemimpin tertinggi Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 4 September 2024.

Besok Bapak Presiden akan menerima Kunjungan Kenegaraan Yang Mulia Paus Fransiskus di Istana Merdeka pukul 09.30, kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Selasa (3/9/2024).

Kunjungan diawali dengan Upacara Kenegaraan di halaman depan Istana Merdeka, lanjutnya. Setelah itu, Paus Fransiskus akan menghadiri pertemuan dengan para pemimpin agama dan korps diplomatik di Istana Negara Jakarta. Jokowi juga akan menghadiri acara ini. Selain itu juga akan dilakukan pertemuan dengan tokoh agama dan Korps Diplomatik di Istana Negara, kata Yusuf.

Sebelumnya, kehadiran Paus Fransiskus disambut antusias masyarakat yang menyambutnya di sekitar Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa sore (3/9/2024).

Sepanjang jalan menuju Kedutaan Besar Vatikan, mulai dari sekitar Bundaran HI, kawasan Patung Kuda, hingga di depan Kedutaan Besar Vatikan, Paus terlihat menyikapi gelombang masyarakat yang menyambut kedatangannya.

Paus Fransiskus tiba di Kedutaan Besar Vatikan, masyarakat antusias menyambutnya

Sekitar pukul 12.26 WIB, Paus Fransiskus dan rombongan tiba di Kedutaan Besar Vatikan untuk beristirahat sebelum melanjutkan agenda kunjungan pada Rabu 4 September 2024.

Saat mobil yang ditumpangi Paus melintas, lalu lintas di sekitar Kedutaan Besar Vatikan terpantau padat. Banyak pengendara mobil dan motor yang dengan sabar berhenti menunggu rombongan Paus lewat.

Banyak pria berjas hitam dengan dasi merah juga terlihat menjaga keamanan area gerbang luar Kedutaan Besar Vatikan. Ratusan petugas polisi juga terlihat mengiringi kedatangan Paus.

Beberapa orang juga terlihat menunggu kedatangan Paus di luar gerbang Kedutaan Besar Vatikan. Mereka tampak antusias menunggu kehadiran Paus.

Saya senang sekali dengan kedatangan Paus di Indonesia. Saya sudah menunggunya selama beberapa tahun, ternyata tertunda ya? Tapi menurut saya kedatangannya kali ini tepat di saat Indonesia sedang banyak persoalan. iya kan? Mudah-mudahan dengan kedatangan Paus Indonesia kembali tenang dan damai, kata Maria (27) asal Jakarta Selatan.

Warga Bahagia Paus Fransiskus Datang ke Indonesia

Hal senada juga disampaikan Paula (26) yang juga rela keluar rumah di tengah cuaca panas hanya untuk melihat kedatangan Paus. Wajahnya sembab karena tak mampu menahan emosinya atas kedatangan pemimpin tertinggi gereja Katolik di dunia itu.

Baca Selengkapnya…. Sosok Pebisnis Sukses Eka Tjipta Widjaja Sang Pendiri Sinar Mas

Senang sekali kedatangan Paus juga membawa keberkahan dan kedamaian bagi Indonesia, kata perempuan asal Jakarta Selatan itu.

Tak hanya umat Katolik yang senang dengan kedatangan Paus. Pastor Markus Nur Widipranoto dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan anggota Karya Kepausan Indonesia juga mengungkapkan kebahagiaannya.

Kedatangan Paus membawa pesan perdamaian, iman, dan persaudaraan bagi seluruh umat manusia, tidak hanya umat Katolik. Beliau juga bangga karena Indonesia menjadi tujuan pertama kunjungannya yang ke-45, kata Nurwidi.