Gumuk Pasir Parangkusuman Lokasi Syuting Gala Bunga Matahari

Gumuk Pasir Parangkusuman Lokasi Syuting Gala Bunga Matahari

Video klip Gala Bunga Matahari karya Sal Priadi yang dibintangi Gempi viral. Rupanya lokasi syuting berada di Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul.

Lagu Gala Bunga Matahari karya Sal Priadi sangat fenomenal. Liriknya yang menyayat hati, sekaligus menyisipkan optimisme dalam menjalani kehidupan setelah ditinggal orang tercinta selamanya, sungguh menyentuh hati para pendengarnya.

Video klip Gala Bunga Matahari yang disutradarai Aco Tenri juga sangat menyedihkan. Gempita Nora Marten digambarkan sebagai bunga matahari di ‘bulan’. Sedangkan orang yang dicintainya masih ada di Bumi dalam wujud seorang kakek tua.

Ternyata lokasi syuting video klip tersebut sebenarnya bukan di ‘Bulan’, melainkan di Gumuk Pasir Parangkusumo, sebuah objek wisata di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Objek wisata ini sering dicari wisatawan untuk berfoto karena memiliki tampilan yang tidak biasa. Hamparan pasirnya bisa dikatakan mirip dengan yang ada di Bulan. Tak heran jika destinasi ini menjadi lokasi syuting video klip Gala Bunga Matahari. Namun ada juga yang mengatakan mirip dengan Gurun Sahara. Maka tak heran jika Bantul mendapat julukan Sahara van Java.

Padahal hamparan pasir di sini mirip dengan gurun pasir yang banyak ditemukan di Timur Tengah atau Afrika. Namun jangan salah, Gumuk Pasir Parangkusumo sebenarnya berbeda dengan gurun pasir dan jarang ditemukan di dunia.

Gumuk pasir atau dalam istilah geologi disebut gumuk pasir merupakan bentukan alam berupa gundukan pasir menyerupai perbukitan yang terbentuk akibat pergerakan angin. Istilah gumuk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti gundukan atau sesuatu yang menonjol dari permukaan datar.

Selain berfoto-foto asyik, traveler juga bisa bermain sandboarding di sini. Cara kerjanya sederhana, traveler bisa berdiri di atas papas lalu meluncur ke bawah bukit pasir atau bisa juga duduk di papan jika masih takut.

Daya Tarik Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB. Tiket masuknya gratis, hanya saja jika ingin melakukan sandboarding wisatawan harus menyewa papan seharga Rp 100.000.

Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di Jalan Pantai Parangkusumo, Pantai Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berada di sebelah barat Pantai Parangtritis.

Jika Anda berangkat dari pusat kota Jogja menggunakan kendaraan roda empat, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar satu jam untuk sampai ke gundukan pasir ini.

Nama Gumuk berasal dari bahasa Jawa yang berarti gundukan pasir yang tersebar luas. Gumuk Pasir Yogyakarta terbentuk dari material Gunung Merapi yang kemudian terbawa arus Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan terendap di tepi pantai.

Material yang mengendap kemudian mengering dan terbawa angin lalu terbang ke darat sehingga mengalami proses pengendapan menjadi gumuk pasir.

Baca Juga : AksiĀ  Dugaan Penyerangan Kepada Petugas DISHUB di Medan